Hai sobat blogger, pada postingan
blog kali ini saya akan membahas tugas kuliah softskill kelompok saya nih…Tugas
kali ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya tentang WEB SCIENCE. Dan
pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang 2 materi yaitu Pegelolaan
Web dan Web Content. Yuk simak ulasan
dibawah ini sobat blogger…cekidot..
1. Pengelolaan Web
Institusi
Walaupun riset tentang internet diawali
dari proyek ARPANET dan berkembang dari kolaborasi penelitian institusi militer
dan pendidikan, namun infrastruktur dan teknologi internet saat ini bisa
dikatakan bukan milik suatu institusi atau perorangan ataupun negara. Sekarang
internet merupakan sebuah enterprise kolaboratif dan kolektif yang terbuka. Ada
sejumlah organisasi atau lembaga yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan internet
serta menjadi guide atas perkembangan internet dan web.. Berikut kajian singkat
tentang organisasi-organisasi pengelolaan web khususnya yang masih aktif hingga
saat ini.
1. W3C ( World Wide web Consortium )
World Wide Web
Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan
standar-standar untuk World Wide Web (http://www.w3.org/). Spesifikasi
teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web, seperti URL
(Uniform Resource Locator), HTTP(Hypertext Transfer Protocol), dan HTML
(HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.
W3C dibuat pada
20 Oktober 1994 oleh Tim Berners-Lee, didirikan oleh Massachusetts Institue of
Tekchnology (MIT).W3C bekerja dengan komunitas global untuk membuat standard
internasional client dan server yang memungkinkan perdagangan dan komunikasi
online melalui internet.W3C juga menghasilkan software acuan.W3C Netscape
Communications Corporation adalah salah satu anggota pendiri. Konsorsium ini
dijalankan oleh MIT LCS, INIRA Institute national the Recherce en Informatique
sebuah lembaga peneletian ilmu komputer perancis, bekerja sama dengan CERN
Consei Europpen pour le Recherce Nulcleaire, tampat lahirnya Web.
Misi dari W3C
bertujuan untuk mendorong semua potensi penuh dari dunia web yang bisa
dikembangkan dengan menyediakan protokol dan panduan untuk menjamin pertumbuhan
jangka panjang dari web itu sendiri.
Karena Web
begitu penting (meliputi segala aspek), tidak ada satu organisasipun yang dapat
berdiri sendiri mengembangkan setiap bagian teknologi itu, W3C memberikan suatu
wadah untuk bisa mengembangkan secara bersama. Perusahaan anggota utama dari
organisasi itu adalah :IBM,Microsoft, America Online, Apple, Adobe Macromedia,
SunMicrosystemsselain anggota-anggota tersebut masih banyak lagi lembaga-lembaga
baik pemerintahan maupun swasta yang turut andil dalam perkembangan W3C.
2. Internet Engineering Task Force (IETF)
IETF (Internet
Engineering Task Force) merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak
(baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan
jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG (Internet
Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah
teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan Internet, dan kemudian
mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture
Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai
Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya
keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan
spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP.
IETF menjalankan
tugasnya dengan prinsip-prinsip utama :
Open Prosses :
setiap orang yang tertarik dapat berpartisipasi dalam pekerjaan itu, tahu apa
yang sedang diputuskan, dan memberikan suaranya sesuai dengan masalah yand ada.
Bagian dari prinsip ini adalah komitmen kami untuk membuat dokumen-dokumen
kami, WG mailing list kami, daftar kehadiran kita, dan menit pertemuan kami tersedia
untuk umum di Internet.
Technical
competence : isu-isu di mana dokumen IETF menghasilkan isu-isu mana IETF
memiliki kompetensi yang diperlukan untuk berbicara kepada mereka, dan bahwa
IETF bersedia untuk mendengarkan masukan secara teknis kompeten dari sumber
manapun. Kompetensi teknis juga berarti bahwa kita mengharapkan output IETF harus
dirancang untuk suara prinsip teknik jaringan – ini juga sering disebut sebagai
“kualitas rekayasa”.
Volunteer Core
:peserta dan kepemimpinan kami adalah orang-orang yang datang ke IETF karena
mereka ingin melakukan pekerjaan yang sesuai dengan misi IETF tentang “membuat
Internet yang lebih baik”.
Rough consensus
and running code : Kami membuat standar berdasarkan pertimbangan rekayasa
gabungan peserta kami dan pengalaman nyata dunia kita dalam menerapkan dan
menggunakan spesifikasi kami.
Protocol ownership
:ketika IETF mengambil kepemilikan sebuah protokol atau fungsi, ia menerima
tanggung jawab untuk semua aspek dari protokol, meskipun beberapa aspek mungkin
jarang atau tidak pernah terlihat di Internet. Sebaliknya, ketika IETF tidak
bertanggung jawab atas sebuah protokol atau fungsi, tidak mencoba untuk
mengontrol lebih dari itu.
3. Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)
ICANN (Internet
Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah organisasi nirlaba yang
didirikan untuk bertanggungjawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian
parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root
server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika. Organisasi nirlaba
ini didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September
1998. ICANN berkantor pusat di Marina Del Rey, California Amerika Serikat.
Pemerintahan
A.
Hukum
Privasi
Hukum Privasi merupakan hak pemegang hak
cipta yang membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak tersebut
terbatas dan secara privasi hanya pada suatu lingkup tertentu serta biasanya
menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.
B.
Hukum
Hak Cipta
Hak cipta (lambang internasional: ©, Unicode:
U+00A9) adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur
penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak
cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga
memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas
suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang
terbatas.Hak cipta berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau
“ciptaan”. Ciptaan tersebut dapat mencakup puisi, drama, serta karya tulis
lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi
musik, rekaman suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer,
siaran radio dan televisi, dan (dalam yurisdiksi tertentu) desain industri.Di
Indonesia, masalah hak cipta diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu, yang
berlaku saat ini, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002.
Prinsip dan Serangan
A.
Prinsip
Dasar Pengamanan
website akan
menjadi percuma ketika dibuat sangat "molek", namun tidak serta merta
memberikan keamanan bagi admin dan penggunanya. Dalam pengamanan dikenal dengan
beberapa tingkat dan tipe. Tingkat dan tipe yang diperlukan untuk aplikasi kita
akan berbeda-beda bergantung bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe dan nilai
data yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang
dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman.
Misalnya,
pengamanan yang dibutuhkan untuk web perorangan akan sangat berbeda dibanding
untuk situs perusahaan atau situs e-commerce. Tentu saja, situs yang berbau
komersil akan lebih ketat pengamanannya dibanding situs personal biasa.
B.
Serangan
pada Website
1. DoS
dalam
sebuah serangan Denial of Service (DoS), penyerang mengirimkan sebuah arus
permintaan layanan pada mesin server dengan harapan dapat melemahkan semua
sumber daya seperti “memory” atau melakukan konsumsi kapasitas processor.
2. DDoS
pada serangan Distributed DoS (DDoS),
penyerang melakukan instalasi suatu agent atau daemon pada beberapa host yang
telah berhasil dimasuki. Hacker mengirimkan perintah pada bagian master, yang
mengakibatkan terkirimnya perintah pada beberapa host slave. Master melakukan
komunikasi kepada agent yang berada pada server lain untuk melakukan perintah
serangan. DDoS sulit dihalau karena pada umumnya melakukan blokir pada suatu
alamat IP single atau jaringan tidak akan menghentikan serangan. Traffic
berjalan mulai dari ratusan atau sampai ribuan jumlahnya , pada system server
atau komputer individu seringkali tidak mengetahui bahwa komputer-komputernya
merupakan bagian dari serangan tersebut.
3. Smurf Attack
merupakan
modifikasi dari “serangan ping” dan bukannya mengirimkan ping langsung ke
sistem menyerang, mereka akan dikirim ke alamat abroadcast korban alamat.
Berbagai addressesfrom IP sistem setengah jadi akan mengirimkan ping kepada
korban, membombardir thevictim mesin atau sistem dengan ratusan atau ribuan
ping. Salah satu solusinya adalah untuk mencegah dari server Web yang usedas
broadcast. Router harus dikonfigurasi untuk menolak broadcast IP-Sutradara
fromother jaringan ke jaringan. Lain yang sangat membantu mengukur adalah untuk
mengkonfigurasi therouter untuk memblokir IP spoofing dari jaringan yang akan
disimpan. Router dikonfigurasi assuch akan memblokir setiap paket yang berasal
dari donor Network.To ini akan efektif harus dilakukan untuk semua router pada
jaringan.
Kasus pada Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army (SEA), atau
juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker
komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan
serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama menargetkan
kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi berita dan
kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik pertama,
tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber pada
lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan pemerintah
Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan) terhadap
web site barat dapat menjadi salah satunya dan pembenaran untuk tindakan
balasan ke pihak Suriah. Walau tidak dapat menjadi pembenaran untuk invasi
militer, tapi hal ini dapat membuka front perang cyber secara besar-besaran,
yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
Hanya saja, perlu diamati dengan
cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di media, bahwa mereka cenderung
kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana struktur komando NATO
terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke Irak, hal itu tidak
terjadi pada kasus Suriah.
Jika memang situasi semakin
memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan memutuskan invasi militer, seperti
yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain, pihak Rusia dan China, sebagai
anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara tegas menolak setiap ide pihak
barat untuk melakukan invasi militer.
Hanya saja, apakah veto Rusia dan China
bisa mencegah invasi, hal itu adalah tanda tanya besar. Veto mereka terbukti
tidak efektif dalam mencegah invasi Amerika Serikat dan Inggris ke Irak pada
tahun 2003.
Satu hal yang perlu dicatat, bahwa jika
memang akhirnya invasi terjadi, maka semua itu dimulai dengan perang cyber,
yang sudah terjadi sejak tahun 2011. Bagaimanapun, kita semua tidak pernah
setuju akan terjadinya perang, karena sudah pasti akan jatuh korban
rakyat/sipil yang tidak berdosa. Meletakkan senjata dan maju ke meja
perundingan selalu adalah solusi yang terbaik bagi semua pihak.
2. Web Content
Web content adalah isi sebuah website. Tanpa adanya file-file
halaman web dan file pendukung, maka domain dan hosting yang telah kita miliki
tidak akan menampilkan apa-apa jika diakses. Ini seperti memiliki rumah baru
yang sudah ada alamatnya tapi belum diisi perabot alias kosong. Berbeda dengan
domain dan hosting yang sangat mudah dimiliki serta tidak membutuhkan skill
khusus, konten website membutuhkan penanganan dan skill khusus.
Media dan Standar
Media
Dalam produksi media dan penerbitan,
konten informasi dan pengalama dapat memberikan nilai bagi end-user/audience
dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan melalui media apapun seperti
internet, televisi, dan CD audio, serta acara live seperti konferensi dan
pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk mengidentifikasi dan
menilai berbagai format dan genre informasi yang dikelola sebagai nilai tambah,
dan media komponen berguna untuk target audiens. Produksi media dan teknologi
pengiriman berpotensi meningkatkan nilai konten dengan format, penyaringan dan
menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang baru dengan konteks yang
baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang disimpan, dan lebih
menekankan pada repurposing cepat, pemakaian ulang, dan pemindahan telah
menyebabkan banyak penerbit dan produser media melihat fungsi utama mereka
kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan lebih sebagai transformer dari
konten.
Standar
Standar merupakan spesifikasi teknis
atau sesuatu yang dibakukan termasuk tata cara dan metode yang disusun
berdasarkan konsesus semua pihak yang terkait dengan memperhatikan
syarat-syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi, pengalaman, perkembangan masa kini dan masa
yang akan datang untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Standar web
merupakan suatu keharusan. Standar web satu sama lain saling tergantung,
beberapa di antaranya mengatur aspek internet, bukan hanya World Wide Web
(Sebuah Situs). Bahkan ketika web tidak terpantau, standar tersebut secara langsung
atau tidak langsung mempengaruhi perkembangan dan administrasi situs web dan
layanan web. Pertimbangannya adalah interoperabilitas, aksesibilitas dan
kegunaan dari halaman web dan situs web.
Standar web, dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
1.
Recommendations
published by the World Wide Web Consortium (W3C).
2.
Internet
standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force
(IETF).
3.
Request
for Comments (RFC) documents published by the Internet Engineering Task Force.
4.
Standards
published by the International Organization for Standardization (ISO).
5.
Standards
published by Ecma International (formerly ECMA).
6.
The
Unicode Standard and various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the
Unicode Consortium.
7.
Name
and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority
(IANA).
Bahasa dan Keberagaman
Budaya
Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah bahasa pemrograman. Sekarang
kita bisa dengan mudah membuat suatu website yang geratis atau dengan membayar.
Sebenarnya apakah fungsi dari website itu sendiri? Website dapat digunakan
untuk mengeshare berbagai ilmu dan pengetahuan sehingga banyak orang dapat
mengetahuinya.
Banyak bahasa pemrograman web di antaranya :
1.
Bahasa
Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup
yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah browser Internet.HTML saat ini merupakan standar
Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web
Consortium (W3C).HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk
menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.Sebuah file yang merupakan
file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox
atau Microsoft Internet Explorer.
2.
Bahasa
Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak
dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995.
Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa
sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.PHP banyak
dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup
kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.PHP biasanya berjalan pada sistem
operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3.
Bahasa
Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan
pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan
oleh Netscape.Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita
membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan
JavaScript.
4.
Bahasa
Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet
yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa
markup.Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web
yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat
dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS
diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Keberagaman Budaya
Keberagaman Budaya, pada zaman modern
seperti saat ini, kemajuan IPTEK sangat berkembang pesat dan sangat
mempengaruhi keberagaman budaya yang ada.
Dampak Positif dari IPTEK :
1 . Kita
akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru dibumi
bagian manapun melalui internet.
2 . Kita
dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan
melalui handphone.
3 . Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi.
4 . Terjadinya
industrialisasi.
5 . Produktifitas
dunia industri semakin meningkat.
Dampak Negatif dari IPTEK :
1.
Pemanfaatan
jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
2.
Penggunaan
informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat diinternet, biasanya
disalahgunakan oleh pihak tertentu dan untuk tujuan tertentu.
3.
Penyalahhgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam
upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi yaitu :
1.
Memperkenalkan
pentingnya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini
2. Memberikan
pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai –
nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan
batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan
suatu masyarakat
4.
Menjadikan
nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan
masyarakat
5.
Menjunjung
tinggi nilai – nilai budaya
6.
Memandang
teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7.
Menggunakan
fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai
orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam
penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
Model Generatif
(GENERATIVE MODEL)
Secara tradisional, objek 3D dan dunia virtual ditentukan
oleh daftar geometris yang terdahulu : kubus dan bola di bentukan CSG, NURBS
patch, satu set fungsi implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah titik.
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan perubahan paradigma
dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan : sebuah
bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hanya hasil
akhir dari penerapan operasi. Desain bentuk menjadi desain aturan. Desain
bentuk menjadi desain aturan. Pendekatan ini sangat umum dan dapat diterapkan
pada setiap representasi bentuk yang menyediakan satu set untuk menghasilkan
sebuah fungsi, ‘operator bentuk dasar’ (elementary shape functions) .
Efektivitasnya telah dibuktikan, misalnya, di bidang pembuatan grid , dengan
operator Euler sebagai pelengkapnya dan penutup set yang menghasilkan fungsi
untuk sebuah perangkap dan beroperasi pada tingkat halfedge.
Model Retorika di Web
Rhetorical Web adalah fitur yang
signifikan dari WWW, bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan
navigational yang merupakan jembatan komunikasi antar page . Di sisi lain ,
tautan (link) menyarankan asosiasi yang berarti antara halaman web dan isi dari
halaman web , dan bisa memfasilitasi
ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna . Tautan dan asosiasi ini
dapat dibaca secara kritis , disarankan tentang cara berfikir hubungan antara
halaman suatu web dan isi halaman suatu web yang dimaksud atau tidaknya oleh si
pembuat (author).
Web Annotations
Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama
dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet
berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Namun sekarang dengan adanya tagging, para pengguna internet
diminta saling membantu untuk menyusun informasi berdasarkan kategori,
popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem tag, semacam
fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan Anda melakukan
tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur
yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat
menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau
dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi
tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu
data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu
basis data.
Fungsi metadata
Metadata memberikan fungsi yang sama
seperti katalog yaitu:
·
membuat
sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan
·
mengidentifikasi
sumberdaya
·
mengelompokkan
sumberdaya yang serupa
·
membedakan
sumberdaya yang tak miliki kesamaan
·
memberikan
informasi lokasi
Jenis metadata
· Metadata
deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan
identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan
kata kunci.
· Metadata
struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama
menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu
bab.
· Metadata
administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya,
semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen
dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
Rich Snippets
Rich Snippets adalah tampilan hasil
pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippets sama
sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk
memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich snippets ini
membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan
tingkat klik yang anda peroleh.
Referensi:
Gimana para sobat blogger semua, udah
pada ngerti kan sekarang apa itu Pengelolaan Web dan Web Content ? Dari bahasan di atas sudah
dijelaskan secara rinci mengenai pengelolaan web, institusi, hukum-hukum yang
berlaku, prinsip-prinsip dan serangan, serta web content. Semoga bahasan di
atas dapat membantu para pembaca untuk dapat memahami lebih lagi mengenai web
science. Apabila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan..
Terimakasih sobat blogger semuanya.Artikel ini tidak ssaya
kerjakan sendiri melainkan dikerjakan secara kelompok yaitu Zulfikar
Mulyakusuma, Ilham Prasetya, dan Banu Hardian.Terimakasih sudah membaca sobat
blogger,semoga bermanfaat…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar