Pada pembahasan tentang pengantar
teknologi game kali ini mengenai User Interface pada Game. Diantaranya elemen
elemen yang ada dalam antarmuka game dan lain lain. Simak lebih lanjut ulasannya
dibawah ini.
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI
lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari
pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi
kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini
dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali.
Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan
besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.
User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika
didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator
antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat
komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting
dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user
dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang
diantaranya adalah :
1. Diagetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia
permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi
dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang
dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain,
memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game
yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s
Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia
sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan.
Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah
2. Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak
selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh yang paling jelas adalah
efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan
kerusakan.
3. Spatial
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI
lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna
yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci
untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat
langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Game
historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar
karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.
4. Non-Diagetic
Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen-elemen
ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan
geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering
dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya pikir ini unsur paling baik
digunakan ketika bentuk diegetik, meta dan spasial memberikan batasan yang
melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.
World of Warcraft sebagian besar menggunakan non-diegetic
UI, satu pengecualian adalah nama pemain yang spatial. Hal ini memungkinkan
pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan, mudah-mudahan memastikan pengalaman
yang familiar.
Penggunaan icon pada game
juga mempengaruhi kenyamanan pemain dalam memilih perintah-perintah pada game.
Desain icons dalam user Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu picons dan
micons. Perbedaan satu sama lain yaitu :
- PICONS adalah singkatan dari Personal ICONS yaitu "ikon pribadi". Berbentuk kecil, gambar terbatas dan digunakan untuk mewakili pengguna dan domain di internet, disusun dalam database sehingga gambar yang sesuai untuk alamat e-mail yang diberikan dapat ditemukan. Selain pengguna dan domain, ada picons database untuk newsgroup Usenet dan prakiraan cuaca. Para picons berada dalam format XBM monokrom atau XPM warna dan format GIF.
- MICONS adalah Moving ICONS atau picons yang bergerak (dalam hal ini berupa file GIF animasi). Micons ini adalah animasi dari Picons tetapi bisa juga berupa video khusus yang dijadikan micons.
Keunggulan picons dibanding
micons adalah :
- Hemat kapasitas
- Lebih praktis
- Tidak membuat beban pada kinerja komputer
Keunggulan micons dibanding
picons adalah :
- Icons menjadi terlihat menyenangkan
- Seperti melihat video dengan kapasitas kecil
Sekian ulasan tentang User
Interface pada Game, jika ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan. Semoga
tulisan diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata sekian dan terima
kasih.
Daftar Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar